Wednesday, February 10, 2016

Jet Tempur Libya di Derna Jatuh, karena ISIS?

Jet Tempur Libya di Derna Jatuh, karena ISIS?

Pesawat tempur pemerintah Libya jatuh usai ditembak senjata altileri pasukan anti Qadhafi di Benghazi (19/03). AP/Anja Niedringhaus
Tripoli - Sebuah jet tempur yang dioperasikan oleh pasukan pemerintah Libya jatuh di sebelah timur Derna, Senin, 8 Februari 2016, setelah mendapatkan serangan dari Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS).

Juru bicara pemerintah Libya, Nasser el-Hassi, mengatakan kepada AFP, pilot MIG-23, Younes al-Dilani, selamat saat pesawat yang dikendalikan jatuh. Hassi menolak menyebutkan penyebabkan pesawat tersebut jatuh. Namun kantor berita LANA yang dekat dengan pemerintah mengatakan, jet tersebut jatuh akibat masalah teknis.

"Sebelum jatuh, jet tempur tersebut melakukan serangan ke posisi ISIS, sekitar 15 kilometer dari Derna," tulis LANA.

Libya adalah negara di bawah pemerintah dua kelompok setelah kehilangan pemimpin Kolonel Muammar Qadhafi. Kelompok pertama memerintah Libya dari Ibu Kota Tripoli yang mendapatkan dukungan dari milisi koalisi. Sedangkan pemerintah lainnya mendapatkan pengakuan internasional berada di sebelah timur negara.

Awal Januari 2016, sebuah Mig-223 jatuh di Benghazi, kota utama di sebelah timur Libya. Sejumlah pihak di Libya mengatakan bahwa penyebab pesawat itu jatuh adalah persoalan teknis. Namun ISIS mengaku menembak jatuh jet tersebut.

Derna terletak di sekitar 1.100 kilometer sebelah timur Tripoli yang dikuasi oleh Dewan Syura Mujahidin Derna, terdiri dari gabungan berbagai kelompok milisi termasuk Ansar al-Sharia yang dekat dengan al-Qaeda.

Sejak Muammar Qadhafi jatuh pada 2011, Libya dilanda perang saudara dan dibekap kerusuhan berdarah. Kini ISIS muncul gerakan ISIS di kampung halaman Qadhafi di Sirte sebelah timur Libya.

Sumber :  TEMPO.CO

No comments:

Post a Comment